$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Siap-Siap Nih, Prabowo & Nadiem Bakal Usung Pendidikan Militer Untuk Mahasiswa

INDONESIAKININEWS.COM -  Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto berencana menerapkan pendidikan militer ke...

Bela Negara, Prabowo-Nadiem Siapkan Pendidikan Militer untuk ...

INDONESIAKININEWS.COM - 
Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto berencana menerapkan pendidikan militer kepada mahasiswa.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenhan rencananya akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang saat ini dipimpin oleh Nadiem Makarim.

Nantinya, melalui kerja sama ini, mahasiswa direkrut untuk terlibat dalam latihan militer melalui program bela negara.

"Nanti dalam satu semester, mereka (mahasiswa) bisa ikut pendidikan militer," kata Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono, melalui keterangan resminya di Jakarta pada Minggu (16/8/2020).

Trenggono menuturkan, adapun nilai pendidikan militer tersebut akan dimasukkan ke dalam satuan kredit semester (SKS) yang diambil.

"Ini salah satu yang sedang kita diskusikan dengan Kemendikbud untuk dijalankan," ujar Trenggono.

Trenggono menjelaskan, program bela negara ini bertujuan menyadarkan masyarakat, khususnya anak muda untuk bangga sebagai orang Indonesia.

Dengan cara ini, kata dia, pemerintah ingin menciptakan generasi milenial yang bisa mencintai akan bangsa dan negaranya sendiri.

"Jadi, (mahasiswa) tak hanya hanya kreatif dan inovatif. Tetapi juga cinta bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-hari," tutur dia.

Menurutnya, kecintaan generasi milenial terhadap negara juga bisa ditunjukkan dengan bergabung dalam komponen cadangan (Komcad).

Hal itu sesuai amanat dari Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Trenggono menegaskan, bahwa Komcad bukanlah program wajib militer. Dia mengatakan, itu hanya kesadaran dari masyarakat yang ingin membela negara jika terjadi perang.

"Indonesia seharusnya bisa seperti itu. Apalagi, kita punya seni dan budaya yang banyak," ujarnya.

Karenanya, Trenggono meminta kepada anak muda generasi milenial untuk membuat inovasi yang bisa membawa harum nama bangsa.

Juga diharap inovasi yang diciptakannya itu bermanfaat bagi masyarakat. Pemerintah pun akan memberi ruang dan fasilitas untuk masyarakat, khususnya generasi milenial.

"Kita yang sudah senior selalu akan memberi ruang dan fasilitas untuk generasi berikutnya berkompetisi," kata Trenggono.

S. Kompas 


Name

Berita,7910,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7808,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Siap-Siap Nih, Prabowo & Nadiem Bakal Usung Pendidikan Militer Untuk Mahasiswa
Siap-Siap Nih, Prabowo & Nadiem Bakal Usung Pendidikan Militer Untuk Mahasiswa
https://i1.wp.com/suarapantau.com/wp-content/uploads/2020/08/WhatsApp-Image-2020-08-17-at-00.04.11.jpeg?fit=630%2C354&ssl=1
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/siap-siap-nih-prabowo-nadiem-bakal.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/siap-siap-nih-prabowo-nadiem-bakal.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy