$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Skakmat Cuitan Denny Siregar, Mantan Menhan Timor Leste: TL Tidak Akan Pernah Kembali ke Masa Lalu!

INDONESIAKININEWS.COM -  Isu soal warga Timor Leste mendesak ingin kembali bergabung dengan Indonesia tiba-tiba mencuat. Kondisi ekonomi Tim...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Isu soal warga Timor Leste mendesak ingin kembali bergabung dengan Indonesia tiba-tiba mencuat.

Kondisi ekonomi Timor Leste anjlok karena corona hingga kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Padahal ada begitu banyak kekayaan alam yang dimiliki negara berjuluk 'Bumi Lorosae' ini dan jika dikelola dengan benar serta baik, bisa menyulap Timor Leste jadi negara makmur.

Timor Leste memiliki daerah perbukitan ditutupi dengan kayu cendana.

Lebih lanjut, dataran rendah Timor Leste bahkan ditumbuhi pohon kelapa dan pohon eukaliptus. Mata air panas dan aliran gunung juga banyak ditemukan disana.

Tak lupa, satwa liar termasuk kuskus (spesies marsupial), monyet, rusa, musang kucing, ular, dan buaya melimpah disana.

Tentu saja sumber pertambangan yang menjadi komponen terpenting ekonomi Timor Leste.

Ada produksi hidrokarbon, yang terutama dari simpanan gas alam lepas pantai. 

Timor Leste juga memiliki penambangan marmer untuk ekspor.

Selain mengandalkan pertambangan, Timor Leste juga mengandalkan pertaniannya. 

Pertanian, yang sudah lama menjadi andalan ekonomi, masih mempekerjakan sebagian besar penduduk yang bekerja, demikian dikutip zonajakarta.com dari Britannica.com dan PR Pangandaran, Jumat (4/9/2020).

Produk utama pertanian Timor Leste meliputi jagung (jagung), beras, ubi kayu, ubi jalar, kacang kering, kelapa, dan kopi. Lainnya adalah manufaktur tekstil, garmen, kerajinan tangan, dan kopi olahan.

Di luar kekayaan alam, Timor Leste pun menghasilkan kerajinan meliputi tembikar, ukiran kayu dan gading, anyaman, produksi sabut, dan pembuatan keranjang.

Seperti banyak diketahui, adanya hutan cendana disebut merupakan salah satu yang menarik Bangsa Eropa datang ke pulau Timor.

Daerah Ambeno adalah yang terkenal memiliki hutan cendana yang berharga, kebun kelapa, dan perkebunan padi.

Tampak bahwa Timor Leste merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang terbilang melimpah.

Australia merupakan satu negara yang paling getol menginginkan kemerdekaan Timor Leste.

Namun di balik itu semua ternyata ada udang di balik batu, Australia menginginkan sesuatu yang besar dari Bumi Lorosae seperti dilansir dari laman Greenleft.org.au. 

Dilansir dari berbagai sumber, seorang warga Australia, Bernard Collaery, yang dikenal sebagai pendukung hukum Timor Leste 'membongkarnya'.

Ia mengatakan, di pihak pemerintah Australia secara berturut-turut mereka telah mengincar dan mencuri sumber daya negara itu secara ilegal dan tak bermoral.

Secara terbuka dia telah menunjukkan borok Australia yang selalu memandang Bumi Lorosae sebagai obyek pasif.

Menurutnya tindakan Australia menjadikan Timor Leste sebagai obyek sapi perahan adalah nyata, negeri itu dirampok habis-habisan dari sumber daya petrokimia, baik untuk rezim buruh maupun liberal.

Timor Leste memang merupakan koloni Portugis, namun Australia memiliki kebijakan lama untuk menguasai Laut Timor secara sembunyi-sembunyi.

Australia secara ilegal mengeluarkan izin ekplorasi minyak yang merambah perairan Portugis.

Menanggapi hal itu, Denny Siregar turut memberikan komentar soal keinginan warga Timor Leste untuk kembali bergabung dengan Indonesia. 

"Menjadi salah satu negara termiskin di dunia, Timor Leste nyesal pisah dari Indonesia. Kalian sih percaya gombalan Australia. Makan tuh, mereka habis manis sepah dibuang," tulis Denny melalui akun Twitter-nya @DennySiregar7.

Mamam Tuh warga Timor Leste, saudara kalian sendiri malah merampok kekayaan alam Bumi Lorosae.*

Dikutip Zonajakarta.com dari Pikiran Rakyat, mantan Menteri Urusan Pertahanan (Menhan) Timor Leste, Julio Tomas Pinto merespon "Kebisingan" di medsos yang terjadi di Indonesia yang berlangsung dalam sepekan ini.

Melalui cuitan @JulioPinto72, Julio Tomas Pinto menyadari negara baru memiliki banyak terpaan masalah, namun dia yakin selalu ada jalan keluar yang terbaik untuk Timor Leste.

"Negara baru memang banyak tantangan dan rintangan tetapi Insya Allah pemimpin dan rakyat Timor-Leste akan menyelesaikan tantangan2 tersebut. Amin yarobbal aalamiin,” demikian cuitan @JulioPinto72.

Dalam sepekan ini pemberitaan Timor Leste di Tanah Air cukup ramai diperbincangkan di media sosial dan bahkan cenderung "bising" lantaran nadanya mengarah pada hoaks.

Media sosial dalam sepekan ini ramai membicarakan keinginan warga Timor Leste kembali ke pangkuan ibu pertiwi Indonesia.

Saat ini, negara tetangga baru Indonesia itu uisanya mengingjak 21 tahun "Timor Leste Merdeka".

Namun, serbuan Pandemi Covid-19 ini membuat sang tetangga makin terpuruk. Bahkan tak sedikit yang "memframing" keinginan waraga Timor Leste ingin kembali bergabung bersama Indonesia dan menyatakan penyesalannya.

Catatan Heritage.org menempatkan Timor Leste pada posisi ke-171 dengan skor kebebasan ekonomi 45,9.

Pernyataan melalui akun Twitter miliknya @JulioPinto72 membantah kabar itu.

Dia meminta, yang "bising" di Indonesia lebih baik bijak dan memahami atas masalah dalam negeri sendiri dari pada mengurusi negara lain dengan fitnah.

Dari twit akun @Gond-rong, Julio Tomas Pinto mengatakan, Timor Leste samapi kapan pun tidak akan kembali pada Indonesia.

"Minta maaf, lebih baik fokus saja menyelesaikan masalah di Indonesia daripada memfitnah. Timor Leste sampai kapanpun tidak akan masuk lagi bagian Indonesia. Terima kasih,” tulis alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Indonesia dalam bahasa Indonesia.

Julio Tomas Pinto menjawab pesan bising dari @Dennysiregar7 yang menulis "Timor Leste nyesal pisah dari Indonesia. Kalian sih percaya gombalan Australia. Makan tuh, habis manis sepah di buang.”

Julio Tomas Pinto menuliskan "Minta maaf mas @Dennysiregar7, Timor-Leste sudah merdeka berdasarkan kehendak rakyat dengan 78,5 persen melalui referandum. TL tidak dan tidak akan pernah kembali ke masa lalu. Terima kasih,” tulis @JulioPinto72.

S. Pikiran Rakyat 


Name

Berita,7984,HUMOR,5,Internasional,141,Nasional,7879,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Skakmat Cuitan Denny Siregar, Mantan Menhan Timor Leste: TL Tidak Akan Pernah Kembali ke Masa Lalu!
Skakmat Cuitan Denny Siregar, Mantan Menhan Timor Leste: TL Tidak Akan Pernah Kembali ke Masa Lalu!
https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/26x561:711x1027/x/photo/2020/09/04/2445856941.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/skakmat-cuitan-denny-siregar-manta.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/skakmat-cuitan-denny-siregar-manta.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy