$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Benda Misterius Sempat Terbang Sebelum Ledakan Dahsyat di Mojokerto

INDONESIAKININEWS.COM -  Sederet fakta diungkap warga pasca ledakan dasyat yang terjadi di tumpukan sampah bekas galian C di Dusun Watu Umpa...



INDONESIAKININEWS.COM - Sederet fakta diungkap warga pasca ledakan dasyat yang terjadi di tumpukan sampah bekas galian C di Dusun Watu Umpak, Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (20/1/2021) malam. Kendati sejauh ini belum diketahui penyebab ledakan tersebut.

Sejumlah warga mengungkap, adanya kejanggalan sebelum ledakan terjadi.

 Warga yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian melihat benda menyala merah terbang di atas rumah penduduk

 Menurut keterangan warga, benda misterius itu berbentuk bulat mirip bola basket.
 
"Yang tahu awal itu cucu saya. Dia melihat ada benda bulat menyala oranye, seperti terbakar terbang di atas atap rumah ini.

 Terbangnya tidak begitu tinggi, sekitar 25 meteran, di atas pohon itulah," kata Mahfudi, 60, warga Dusun Mlaten, Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Kamis (21/1/2020).

Benda Misterius Sempat Terbang Sebelum Ledakan Dahsyat di Mojokerto
Sampah spon dengan tekstur keras ditemukan di sekitar lokasi ledakan di bekas galian C di Dusun Watu Umpak, Kepuhpandak, Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Foto/SINDOnews/Tritus Julan

Tidak ada suara gaduh atau hawa panas saat benda aneh tersebut melintas di atas pemukiman penduduk. 

Hanya saja, pengrajin genting ini menyebut jika kaca rumahnya bergetar saat benda misterius itu melintas di atas rumahnya. Hingga membuat warga sedikit khawatir.

"Kaca ini bunyi, bergetar gitu. Tapi tidak ada hawa panas atau apa. Benda itu terbangnya tidak begitu cepat, kelihatan dengan jelas sekali. 

Baru sekitar satu menit kemudian terdengar suara ledakan keras di sebelah selatan. Saya mengira itu meteor yang jatuh mengenai pabrik," imbuhnya.

Keterangan serupa juga disampaikan Nur Husain, tetangga Mahfudi. Bapak tiga anak ini juga mengetahui ada benda menyala oranye yang terbang di atas rumah penduduk sesaat sebelum ledakan terjadi. Namun ia tak mengetahui secara persis bentuk benda misterius itu.

"Saya tidak tahu persis, tapi benar ada. Bahkan kaca bagian teras rumah saya ini sampai bergetar hebat saat benda itu melintas di atas ini sebelum ada ledakan.

 Saya awalnya menduga itu pesawat jatuh. Karena suara ledakannya cukup keras, bahkan langit sampai menyala merah seperti benda yang sangat besar terbakar," terang Husain.

Pria berusia 62 tahun ini mengaku sempat datang ke lokasi pasca munculnya ledakan. Ia mengaku penasaran dan ingin memastikan benda apa yang meledak dan sempat terbang di atas rumahnya itu. Hanya saja ia memilih mengurungkan niatnya lantaran khawatir dengan keselamatan dirinya.

"Saya kira pesawat yang jatuh, tapi kok tidak ada suara gemuruh saat melintas itu. Menurut keterangan Mas Yusuf, tetangga saya yang kerja buat genting ini meteor. Baru saya tadi ke sana melihat lokasinya, tapi tidak ada apa-apa, hanya sebagian sampah masih terbakar," jelas Husain.

Sementara itu, Muslikh, 60, pemilik lahan bekas galian C yang tinggal sekitar 100 meter dari tempat ledakan, mengaku tidak mengetahui secara persis saat ledakan dasyat itu. Ketika itu ia berada di musala depan rumahnya untuk menunaikan salat isyak. Namun, ketika itu ia masih menunggu sang istri yang masih mengambil air wudu.

"Saya nunggu istri saya mau salah isyak di musala ini. Tiba-tiba ada suara ledakan keras sekali. Saya kaget dan spontan melihat keluar. Saya lihat di sana itu api merah menyala. Selain itu ada seperti pecahan kaca terbang. Kalau soal bola api saya tidak tahu, baru tahu setelah dikabari Pak Husein pagi tadi," tutur Muslikh.

Kakek empat cucu ini menuturkan, ia juga heran dengan adanya ledakan dasyat itu, Menurutnya di kubangan bekas galian C tersebut tidak ada sampah berbahaya. Hanya tumpukan spon bekas yang bertesktur keras, kayu bekas, serta potongan kain sisa produksi sepatu dari pabrik yang sengaja dibuang di lokasi itu.

"Kalau benda-benda berbahaya atau limbah yang mengeluarkan bau tidak ada. karena memang saya tidak mau. Hanya spon sama limbah kayu seperti itu. Biasanya memang saya bakar sedikit-sedikit kalau datang. Memang sengaja dibuang di situ karena saya pakai untuk uruk," terang Muslikh.

Muslikh yang juga pengasuh TPQ ini mengakui jika ia mendapatkan inkam dari pembuangan limbah pabrik di atas lahannya itu. Untuk satu truknya, ia mendapatkan uang sebesar Rp200 ribu. Uang tersebut sebagian digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup serta biaya operasional TPQ.

"Tapi tidak mungkin kalau limbah itu (penyebab ledakan), soalnya tidak ada apa-apa selain spon, kain, kayu dan sebagian kecil kaleng cat yang ikut terbawa saat pembuangan. Karena memang saya menolak jika ada limbah (B3) dibuang di situ. Sebenarnya banyak yang menawarkan, tapi saya menolak," tandas Muslikh.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait penyebab ledakan tersebut. Nampak di lokasi sejumlah anggota dari Polsek Kutorejo tengah mengambil sampel material bekas ledakan. Sementara api juga masih nampak menyala di atas tumpukan sampah itu.


 

S:Suara


Name

Berita,13822,H,2,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,9,Nasional,13694,News,72,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Benda Misterius Sempat Terbang Sebelum Ledakan Dahsyat di Mojokerto
Benda Misterius Sempat Terbang Sebelum Ledakan Dahsyat di Mojokerto
https://1.bp.blogspot.com/-_B5eqALjg_Q/YAmSJHcsIVI/AAAAAAAAJCc/ij0TSWFacLU9K9bn5Rm0sLTZLQA44eAzwCLcBGAsYHQ/w640-h442/Screenshot_2021-01-21-21-36-59-53.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_B5eqALjg_Q/YAmSJHcsIVI/AAAAAAAAJCc/ij0TSWFacLU9K9bn5Rm0sLTZLQA44eAzwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h442/Screenshot_2021-01-21-21-36-59-53.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/benda-misterius-sempat-terbang-sebelum.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/benda-misterius-sempat-terbang-sebelum.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy