$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sejumlah Pihak Disebut Bakal Polisikan Dugaan Rasisme terhadap Natalius Pigai

INDONESIAKININEWS.COM -  Sejumlah pihak disebut akan menempuh langkah hukum terkait dugaan rasisme oleh Ambroncius Nababan terhadap Natalius...



INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah pihak disebut akan menempuh langkah hukum terkait dugaan rasisme oleh Ambroncius Nababan terhadap Natalius Pigai. 

Salah satunya ialah DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia DPP KNPI Rifai Darus mengatakan, selain KNPI, ada lima hingga kelompok yang sudah mendatangi Kepolisian Daerah Papua dan Polda Papua Barat. 

Mereka meminta agar Kepolisian menindak tegas perbuatan rasisme terhadap orang Papua
 
"Yang muncul ke media salah satunya KNPI Papua Barat, tapi sampai siang ini banyak sekali. 

Sudah ada yang ke Polda Papua begitu juga Polda Papua Barat," kata Rifai kepada Tempo, Senin, 25 Januari 2021.

Di media sosial, beredar pesan kepada pengurus DPD KNPI Papua Barat dari Ketua Sius Dowansiba dan Sekretaris Jemmy J Lusanda. 

Tertulis bahwa DPD KNPI Papua Barat akan mengambil langkah hukum untuk melapor ke Polda Papua Barat.

 Pengurus pun diminta hadir dengan berkumpul di Gedung Pemuda KNPI Papua Barat.

Rifai mengatakan ada juga sekelompok masyarakat yang menghimpun petisi. Dia mengklaim, mahasiswa dan kelompok alumni di Papua juga turut dalam gerakan memprotes rasisme ini.

 Mereka, kata Rifai, bukan cuma meminta penindakan hukum terhadap Ambroncius Nababan, tetapi juga ke siapa pun yang berbuat rasis kepada orang Papua.

"Jadi bukan kepada Pak (Ambroncius) Nababan saja, tapi kepada siapa saja yang selama ini tidak tersentuh oleh hukum diminta ayo, dengan Kapolri yang baru ayo (diproses)," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini.

Mantan Ketua KNPI Papua ini mengatakan dugaan rasisme terhadap Natalius Pigai itu akan memicu gelombang gerakan di Papua dan Papua Barat. Dia mengatakan tindakan rasisme berulang lantaran selama ini tidak ada penindakan hukum yang tegas.

"Hukum yang tidak adil, tidak ditegakkan dengan baik sehingga orang berulang-ulang melakukan hal yang sama kepada masyarakat daerah tertentu. Ini memacu dan memicu gerakan di Tanah Papua," kata dia.

Ambroncius Nababan, diduga tergabung sebagai relawan pendukung Presiden Joko Widodo, menuai kritik lantaran ditengarai melontarkan ujaran rasisme terhadap mantan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) asal Papua, Natalius Pigai. Ujaran rasisme itu termuat dalam unggahan akun Facebook yang diduga milik Ambroncius.

Dalam tangkapan layar yang beredar di media sosial, diduga Ambroncius mengunggah foto Natalius Pigai dan menyandingkannya dengan foto gorila. Di unggahan lainnya, dia mengomentari pemberitaan yang berisi pernyataan Natalius bahwa rakyat berhak menolak vaksinasi Covid-19.

"Mohon maaf yg sebesar-besar nya. Vaksin sinovac itu dibuat utk MANUSIA bukan utk GORILLA apalagi KADAL GURUN. Karena menurut UU Gorilla dan kadal gurun tidak perlu di vaksin. Faham?" Begitu teks yang tertulis dalam unggahan tertanggal 12 Januari itu.


 



S:Tempo


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sejumlah Pihak Disebut Bakal Polisikan Dugaan Rasisme terhadap Natalius Pigai
Sejumlah Pihak Disebut Bakal Polisikan Dugaan Rasisme terhadap Natalius Pigai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR07FFRDXNij2t0rDCK0Nfw2gi8laKSvvYWiA764NE0bzc-ZYngrLmxuIG1z81h23GlvV7HXhzONHJlwi5d7W6-KnHLYzPTebb-L80sOlhJpfCYBnvNPqAdAtvTNZR7hJ2bIeKxzUgG84/w640-h504/Screenshot_2021-01-25-17-03-37-20.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR07FFRDXNij2t0rDCK0Nfw2gi8laKSvvYWiA764NE0bzc-ZYngrLmxuIG1z81h23GlvV7HXhzONHJlwi5d7W6-KnHLYzPTebb-L80sOlhJpfCYBnvNPqAdAtvTNZR7hJ2bIeKxzUgG84/s72-w640-c-h504/Screenshot_2021-01-25-17-03-37-20.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sejumlah-pihak-disebut-bakal-polisikan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/sejumlah-pihak-disebut-bakal-polisikan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy