$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

LEMPAR Bom Lontong, KKB Ali Kalora Diberondong Senjata Otomatis TNI-Polri: 2 Pengikutnya Tertembak

INDONESIAKININEWS.COM -Kabar  terbaru perburuan Ali Kalora Cs dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) akhirnya membuahkan hasil. TNI-P...



INDONESIAKININEWS.COM -Kabar terbaru perburuan Ali Kalora Cs dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) akhirnya membuahkan hasil.

TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Madago Raya berhasil melukai 2 anggota kelompok teroris Ali Kalora dalam baku tembak yang terjadi pada Selasa (23/2/2021).

Melansir dari Antara, baku tembak TNI-Polri dan Ali Kalora Cs ini terjadi di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

"Kemarin Selasa (23/2) sekitar pukul 11.30 Wita, kami kontak tembak dengan kelompok DPO Mujahidin Indonesia Timur di wilayah Salubanga, Kabupaten Parigi Moutong" kata Komandan Resor Militer (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, di Palu, Kamis (25/2/2021)
 
Ia mengatakan, dalam kontak tembak tersebut diduga dua orang anggota kelompok teroris Ali Kalora mengalami luka, berdasarkan adanya ceceran darah di lokasi tempat terjadinya kontak tembak.

"Kami menduga ada dua orang yang tertembak dan sampai saat ini kami masih melaksanakan pencarian dan pengejaran" kata Wakil Komando Operasi Madago Raya 2021, Poso, Sulawesi Tengah ini.

Ia juga mengatakan para anggota Ali Kalora Cs ini sempat melakukan perlawanan dengan melempar benda yang diduga bom lontong kepada aparat Satgas Madago Raya.

"Mereka lempar bom lontong terhadap aparat, kita tembak mereka dan kena, yang kena diseret oleh temannya dan mereka kabur," katanya.

Danrem 132/Tadulako ini mengatakan, selain menembak dua terduga DPO MIT Poso, Satgas Madago Raya juga berhasil mengamankan sejumlah peralatan diduga milik kelompok MIT Poso, di antaranya solar sel, bom lontong, parang dan beberapa perlengkapan lainnya.

"Saya dengan bapak Kapolda menyampaikan kepada seluruh masyarakat tidak perlu takut lagi dengan kelompok MIT ini, mereka sudah lemah kekuatannya" katanya.

Danrem pun berharap kepada masyarakat untuk tidak membantu kelompok tersebut, baik memberi informasi maupun kebutuhan logistik demi terwujudnya keamanan di wilayah Sulawesi Tengah.
 
"Karena itu masyarakat tidak perlu takut lagi, kita akan dampingi masyarakat kalau ingin pergi berkebun menggiatkan ekonomi," tandasnya.

Hampir Disergap TNI-Polri

Sebelumnya, Ali Kalora Cs juga sempat hampir disergap TNI-Polri.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Korem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, Jumat (19/2/2021).

Tapi sayang, mereka berhasil melarikan diri.

TNI-Polri cuma berhasil mengamankan beberapa barang yang ditinggalkan.

"Kelompok ini sempat disergap oleh pasukan TNI Polri, tapi berhasil melarikan diri.

Mereka disergap saat sedang beristirahat di salah satu kebun masyarakat yang tidak jauh dari permukiman penduduk.

Sejumlah barang diamankan dari penyergapan itu berupa ransel, pakaian, makanan, perlengkapan tidur, solar cell, peluru, dan lain-lain," kata Farid, seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Sempat Disergap TNI-Polri, Kelompok MIT Pimpinan Ali Kalora Melarikan Diri, Sejumlah Barang Diamankan'

Farid juga mengatakan, Ali Kalora Cs saat ini sudah terdesak.

Mereka sangat kekurangan logistik dan perlengkapan.

"Sebenarnya DPO ini sudah dalam kondisi terdesak.

Mereka juga kelaparan. Semua perlengkapan berhasil kita amankan dua minggu lalu di Tauca, Poso Pesisir Selatan.

Jadi mereka sekarang sangat kekurangan logistik dan perlengkapan," ujar Farid.

Diakui, kesulitan yang dihadapi Satgas Madago Raya adalah luasnya medan operasi, mulai dari Poso, Parigi Moutong, Donggala, dan Palu.

Sementara itu, kelompok MIT ini menguasai medan dan mudah buat mereka untuk terus bersembunyi.

"Tapi, kita punya taktik untuk bisa menemukan dan menyergap mereka, tinggal tunggu waktu saja," jelasnya.

Sandi Satgas Tinombala ganti nama

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo telah resmi mengganti sandi Satga Tinombala yang selama ini tugasnya memburu sisa-sisa kelompok teroris Ali Kalora.

Perubahan sandi itu dimulai pada Rabu (17/2/2021).

Menurut Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto, perubahan sandi itu atas instruksi langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rapat pimpinan (Rapim) Polri 2021.

Seperti dilansir dari Wartakotalive dalam artikel 'Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Ubah Sandi Operasi Tinombala Jadi Madago Raya, Ini Maknanya'

Menurut Imam, sandi Operasi Tinombala kini berganti jadi Operasi Madago Raya.

"Operasi Tinombala 2020 yang sekarang sudah berupa sandinya."

"Yaitu menjadi operasi Madago Raya dan mohon mulai disosialisasikan," kata Imam dalam Rapim Polri 2021, Rabu (17/2/2021).

Imam menyampaikan, satgas ini merupakan tim yang bertugas di wilayah Poso, Sulawesi Tengah.

Meski berubah namanya, tapi tugas operasi ini tak berubah yakni memberantas jaringan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Dalam paparannya, Madago Raya merupakan bahasa daerah Poso, yang secara umum artinya adalah baik hati dan dekat dengan masyarakat.(*)

 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: LEMPAR Bom Lontong, KKB Ali Kalora Diberondong Senjata Otomatis TNI-Polri: 2 Pengikutnya Tertembak
LEMPAR Bom Lontong, KKB Ali Kalora Diberondong Senjata Otomatis TNI-Polri: 2 Pengikutnya Tertembak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgozTb76s2JI0SNs3iquEyeoeKcNn3bYNaasb2NLQpWBWA-tVlfZ0Y_Y9WnPhpn5NVizLEqrLUiYzNHq4ReA5VfH73VH3gWsbxI8ee4qNmX6h8qzoIZQB9Q0lWl3w_frF_mlr_S1n6UmeY/w640-h318/Screenshot_2021-02-28-17-58-16-85.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgozTb76s2JI0SNs3iquEyeoeKcNn3bYNaasb2NLQpWBWA-tVlfZ0Y_Y9WnPhpn5NVizLEqrLUiYzNHq4ReA5VfH73VH3gWsbxI8ee4qNmX6h8qzoIZQB9Q0lWl3w_frF_mlr_S1n6UmeY/s72-w640-c-h318/Screenshot_2021-02-28-17-58-16-85.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/lempar-bom-lontong-kkb-ali-kalora.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/lempar-bom-lontong-kkb-ali-kalora.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy