$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Nasib Guru Hervina Dipecat Usai Posting Gaji di FB, DPR RI: Jangan Arogansi, Dinas Janjikan Hal Ini?

INDONESIAKININEWS.COM - Hingga saat ini, guru honorer Bone yang diipecat setelah pamer gaji Rp700 ribu empat bulan di Facebook, belum mengha...



INDONESIAKININEWS.COM - Hingga saat ini, guru honorer Bone yang diipecat setelah pamer gaji Rp700 ribu empat bulan di Facebook, belum menghadap ke dinas pendidikan.

Meski sebenarnya guru bernama Hervina sudah mendapatkan panggilan dari pihak dinas pendidikan kabupaten Bone.

Namun Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 169 Sadar di Bone, St Hamsinah, yang disebut memecat Hervina hadiri pemanggilan.

Siti Hamsinah dipanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Disdik Bone, untuk memberikan penjelasan langsung kasus tersebut.
 
Sebenarnya Hervina juga sudah dipanggil oleh Disdik Bone untuk mendengar langsung kejadian yang menimpanya.

Hanya saja, dalam pemeriksaan pada Jumat, 12 Februari 2021, itu Hervina tak hadir. Hanya St Hamsinah yang sudah hadir.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Bone Andi Syamsiar Halid, memanggil Hamsinah menghadap ke Disdik Bone pada Kamis (11/2) lalu.

Saat ditanya terkait pemecatan Hervina karena mem-posting soal gaji Rp 700 ribu di medsos, Hamsinah ngotot beralasan memprioritaskan guru ASN yang baru ditugaskan di SDN 169 Sadar.

"Kepala sekolahnya juga mengambil langkah-langkah karena di sekolahnya ada dua pegawai negeri yang dikasih masuk, otomatis itu SK dari pusat, tanda lulusnya ada," kata Andi Syamsiar Halid.

Disebutkan Andi Syamsiar Halid, Disdik Bone akan mencari sekolah baru bagi Hervina.

"Sekarang ini bagaimana caranya Hervina bisa masuk di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) untuk langkah-langkah selanjutnya, manakala ada nanti P3K bisa lulus, itu saja," jelas Andi Syamsiar Halid.

Disdik Bone berusaha meluruskan alasan pemecatan Hervina. Andi Syamsiar Halid juga menyebut “keterlibatan” suami Kepsek SDN 169 Sadar di Bone dalam kasus Hervina tersebut.

Menurut Andi Syamsiar Halid, suami St Hamsinah, ikut komentar setelah postingan Hervina tentang gajinya beredar di media sosial.

Suami ibu kepala sekolah menyarankan Hervina cari sekolah lain yang lebih tinggi gajinya.

"Waktu itu, suaminya itu kepala sekolah dia bilang, 'Kalau begitu, cari saja sekolah yang lain yang lebih tinggi gajinya’," kata Andi Syamsiar Halid.

Beri Pendampingan Hukum

Sementara itu, Kasus guru honorer Hervina yang dipecat dari SDN 169 Sadar di Bone membuat Anggota Komisi III DPR RI asal Bone, Andi Rio Idris Padjalangi, perihatin.

Ponakan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi itu menyayangkan sikap Kepsek SDN 169 Sadar di Bone yang seolah semena-mena.

“Seharusnya pihak sekolah dapat mengutamakan langkah klarifikasi terlebih dahulu terhadap Hervina," ujarnya.

"Bukan langsung mengambil tindakan pemecatan dan sewenang-wenang tanpa mendengarkan pihak korban,” ujar Andi Rio Idris Padjalangi.

Rio mengatakan dirinya akan memberikan pendampingan hukum dan dukungan penuh pada Hervina.

"Saya sudah mempersiapkan tim hukum untuk membela guru Hervina," kata Andi Rio Idris Padjalangi di Jakarta, Jumat, 12 Februari 2021.

"Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi dan terkesan dipaksakan serta arogansi kekuasaan pihak sekolah," lanjutnya.

Atas dasar itu, Andi Rio Idris Padjalangi mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Disdik Bone mengedepankan komunikasi kedua belah pihak.

 "Langkah itu untuk mencarikan sebuah solusi dan menarik atau membatalkan keputusan pemecatan guru honorer Hervina.

"Saat ini Indonesia masih kekurangan tenaga pendidik, mengapa justru di pecat tanpa alasan yang jelas, ini sangat memalukan," jelas Andi Rio Idris Padjalangi.

Permintaan Maaf Ditolak

Setelah statusnya jadi perbincangan, Hervina sempat meminta maaf kepada kepsek SDN 169 Sadar di Bone, St Hamsinah, namun perintaan maafnya diacuhkan.

"Saya minta maaf lewat WhatsApp, bilang 'minta maaf kalau ada yang salah di posting-anku, bukan maksudku menjelekkan (ibu kepala sekolah).

"Saya posting seperti itu karena saya berterima kasih, saya dikasih dana BOS selama 4 bulan, jadi langsung saya bayar utangku'," ujar Hervina, Kamis (11/2/2021).

Hervina menegaskan niat dia mem-posting gaji Rp 700 ribu tersebut ke akun media sosial Facebook miliknya sebagai bentuk terima kasih.

Alasannya karena telah diberi gaji dan dengan gaji itu dia mampu membayar utangnya serta memberikan sisanya kepada orang tuanya.

Namun niat Hervina memberi penjelasan itu tidak disambut baik kepala sekolah yang sudah murka.

Hervina juga berusaha meminta maaf lewat WhatsApp, bahkan lewat telepon langsung.

Tapi St Hamsinah telanjur marah. Postingan facebook tak dibalas, WhatsApp pun tak dibalas. Bahkan panggilan telepon pun tak digubris.

"Tidak ada (dibalas permintaan maaf), cuma saya WA (tidak dibalas), saya telepon tidak diangkat," ujar Hervina.

Selain dimaafkan jika salah, Hervina berharap bisa segera ngajar lagi.

Kalau tidak bisa lagi jadi guru hinorer SDN 169 Sadar di Bone, Hervina berharap bisa ngajar di sekolah lain.

“Harapannya mengajar lagi. Begitu keinginan saya," ujar Hervina. (*)

 

S: Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Nasib Guru Hervina Dipecat Usai Posting Gaji di FB, DPR RI: Jangan Arogansi, Dinas Janjikan Hal Ini?
Nasib Guru Hervina Dipecat Usai Posting Gaji di FB, DPR RI: Jangan Arogansi, Dinas Janjikan Hal Ini?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoWbjmODBAw0DDKvy6l6jyVC4yE7J2r76QWB65mhGCbZa8CnD2jsGEQ-BtfWIYSnUJPZJY-c5s8qF9wm11cyKp3q9xeG6lry_kIN4i1tEQ0pzcjnJLQCEO_EJYZuWpLd_HKQZ9Hv0nGMQ/w640-h372/Screenshot_2021-02-15-12-31-13-88.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoWbjmODBAw0DDKvy6l6jyVC4yE7J2r76QWB65mhGCbZa8CnD2jsGEQ-BtfWIYSnUJPZJY-c5s8qF9wm11cyKp3q9xeG6lry_kIN4i1tEQ0pzcjnJLQCEO_EJYZuWpLd_HKQZ9Hv0nGMQ/s72-w640-c-h372/Screenshot_2021-02-15-12-31-13-88.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/nasib-guru-hervina-dipecat-usai-posting.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/nasib-guru-hervina-dipecat-usai-posting.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy