$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Peringatan Dini BMKG Hari Ini Rabu 11 Februari 2021, Waspada Cuaca Ekstrem Dua Wilayah di Jakarta

INDONESIAKININEWS.COM - prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini di sejumlah wilayah. Dirilis dari B...



INDONESIAKININEWS.COM - prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini di sejumlah wilayah.

Dirilis dari BMKG, ada wilayah yang diperkirakan potensi terjadi cuaca ekstrem.

Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Secara khusus Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, dua wilayah di DKI Jakarta bakal terjadi hujan lebat dan angin kencang pada Rabu (10/2/2021).

Kedua wilayah tersebut adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Untuk itu BMKG mengingatkan, warga Jakarta agar mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir pada Rabu.

Video: Dramatis, Sebelum Dikebumikan Evakuasi Jenazah di Tengah Banjir Besar

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur antara sore dan malam hari," tulis BMKG di laman resminya sebagaimana dikutip Antara, Rabu (10/2/2021).

BMKG memperkirakan cuaca Jakarta sepanjang Rabu dari pagi hingga malam hari kondisinya berawan hingga hujan dengan intensitas sedang.

Data BMKG, Rabu dini hari, menyebutkan wilayah administrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada pagi hari.

Sementara, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu cuaca pada pagi hari diprediksi berawan.

Kemudian memasuki siang hari, wilayah administrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diprediksi mengalami hujan ringan.

Wilayah administrasi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Sementara, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu kondisi cuacanya diperkirakan berawan.

Memasuki malam hari cuaca di seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta diperkirakan berawan.

Sedangkan, pada Kamis dini hari Kepulauan Seribu akan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan wilayah administrasi lainnya cerah berawan.

Sementara itu, suhu udara diperkirakan berkisar 24-32 derajat Celcius. Jakarta Barat akan berada pada rentang 24-31 derajat, Jakarta Pusat 25-32 derajat.

Berikutnya, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan pada rentang 24-32 derajat, sedangkan Jakarta Utara berkisar 25-32 derajat, dan Kepulauan Seribu 26-30 derajat.

Untuk kelembapan udara, BMKG memperkirakan akan berada pada rentang 85-95 persen.

Kali ini, seluruh wilayah administrasi diprediksi kelembapan udaranya sama.

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta menyebutkan untuk ketinggian muka air di berbagai daerah di Jakarta sampai Rabu dini hari dalam status normal, hanya Sunter Hulu dengan kondisi siaga 3.

BMKG: Sejumlah daerah masih berpotensi hujan lebat dan banjir

Sebelumnya, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait masih berpotensinya hujan lebat yang dapat berdampak banjir di sejumlah daerah yang berlaku sejak 9-11 Februari 2021.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Harry T Djatmiko di Jakarta, Selasa (9/2/2021),

mengatakan, daerah yang masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada Selasa (9/2) antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Serta Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di daerah-daerah tersebut pada 10 hingga 11 Februari kecuali Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9 Februari yaitu DKI Jakarta, Maluku Utara dan Papua Barat, pada 10 Februari berpotensi terjadi di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah hingga 11 Februari juga termasuk Sulawesi Selatan.

Berdasarkan potensi hujan dan hujan lebat di sejumlah daerah tersebut,

perlu diwaspadai adanya dampak banjir maupun banjir bandang yang dapat berpotensi terjadi di Banten (siaga), Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), Aceh (waspada), Sumatera Utara (waspada), Jambi (waspada), Bengkulu (waspada), Sumatera Selatan (waspada), Lampung (waspada).

Begitu juga dengan wilayah DKI Jakarta (waspada), DI Yogyakarta (waspada), Bali (waspada), Nusa Tenggara Barat (waspada), Kalimantan Utara (waspada), Kalimantan Timur (waspada), Kalimantan Tengah (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Nusa Tenggara Timur (waspada), Sulawesi Tengah (waspada), Sulawesi Selatan (waspada) dan Papua (waspada).

Sebelumnya BMKG telah memprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2021,

disertai dengan fenomena La Nina dan sejumlah fenomena lainnya yang berdampak terjadinya cuaca ekstrem. (*)


S:Tribun Manado


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Peringatan Dini BMKG Hari Ini Rabu 11 Februari 2021, Waspada Cuaca Ekstrem Dua Wilayah di Jakarta
Peringatan Dini BMKG Hari Ini Rabu 11 Februari 2021, Waspada Cuaca Ekstrem Dua Wilayah di Jakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCs68WPClGhnzb3rgp8JtUdyWPZlNwwo7x1rtj5Bcug4T1JvregmqxRGTYSuNmXvZJH1QREDY_6jyb6YgXMp6W03h9kdqyzT3hSBAlKuggtI13-iScUDktkh9VJA0Ih4BjXhUUViknFks/w640-h354/Screenshot_2021-02-10-07-05-08-925_id.co.babe.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCs68WPClGhnzb3rgp8JtUdyWPZlNwwo7x1rtj5Bcug4T1JvregmqxRGTYSuNmXvZJH1QREDY_6jyb6YgXMp6W03h9kdqyzT3hSBAlKuggtI13-iScUDktkh9VJA0Ih4BjXhUUViknFks/s72-w640-c-h354/Screenshot_2021-02-10-07-05-08-925_id.co.babe.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/peringatan-dini-bmkg-hari-ini-rabu-11.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/02/peringatan-dini-bmkg-hari-ini-rabu-11.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy