$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bisik-bisik Penyebab ASN DKI Ogah Naik Jabatan: Khawatir Demosi hingga TGUPP

INDONESIAKININEWS.COM - Ratusan ASN Pemprov DKI dimarahi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, karena ogah mengikuti lelang jabatan eselon I...



INDONESIAKININEWS.COM - Ratusan ASN Pemprov DKI dimarahi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, karena ogah mengikuti lelang jabatan eselon II. Sebenarnya, apa penyebab ratusan anak buah Anies itu tidak mau naik jabatan?

Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono menyebut ada dua alasan besar mengapa 239 ASN DKI enggan mengikuti lelang jabatan eselon II. Salah satunya, para ASN merasa posisi tersebut rentan dicopot.

"Berbagai argumen yang muncul dari pada ASN itu. Artinya, berbagai argumen itu begini, salah satunya soal demosi itu. Kedua, soal peran TGUPP. Jadi memang itulah yang membuat keengganan para ASN kita untuk ikut lelang jabatan dalam rangka meniti karir mereka lebih tinggi," kata Gembong saat dihubungi detikcom, Rabu (19/5/2021).

Menurut Gembong, dua penyebab ini sudah menjadi bisik-bisik di kalangan ASN DKI. Gembong kerap menerima cerita demikian meski tidak menjadi aduan resmi.

"Itu problem yang selama ini muncul dari para ASN dalam berbisik-bisik gitu. Sifatnya bisik-bisik, mereka nggak berani vulgar juga," sambungnya.

Gembong juga menyinggung perihal peran tim TGUPP yang mendominasi dalam pemerintahan DKI Jakarta. Dia menduga hal ini menyebabkan ASN DKI tak mau naik jabatan.

"Maka saya sejak pertama saya sampaikan bahwa, artinya dugaan kami dari fraksi PDIP kenapa mereka tidak mau naik jabatan karena mereka pertama tidak merdeka dalam menjalankan fungsinya, kenapa tidak merdeka? karena peran TGUPP yang begitu kuat," jelasnya.

"Artinya fakta di lapangan itu begini, kan TGUPP bisa mengatur SKPD. jadi mereka mikir lebih baik mengatur daripada diatur. Kalau saya sebagai SKPD kan gitu ya, kan lebih enak mengatur daripada diatur," sambungnya.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta telah menepis tudingan sentralisasi TGUPP. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan tidak ada pertentangan di antara dua kelompok tersebut.

"Jadi saya kira semua TGUPP, semua dinas bersama-sama bekerja untuk pembangunan kota Jakarta untuk kepentingan masyarakat Jakarta. Jadi tidak ada dikotomi antara TGUPP dengan ASN. Semua bekerja sama untuk kepentingan masyarakat Jakarta," kata Riza saat dikonfirmasi, Selasa (18/5/2021) malam.

Riza memastikan setiap pihak, baik TGUPP maupun ASN, memiliki peran dan tugas masing-masing dalam menjalani pemerintahan di DKI. Khusus untuk TGUPP, sebutnya, tugasnya memberi masukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kan TGUPP tim gubernur untuk percepatan pembangunan, tim itu membantu memberikan masukan," jelasnya.

Politikus Gerindra itu memandang lelang jabatan ini diperlukan demi menempatkan ASN terbaik di dalam suatu jabatan. Karena itulah, Pemprov DKI Jakarta sangat mengharapkan partisipasi tinggi dari para ASN.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya geram dan menjemur ratusan anak buahnya karena tak mengikuti lelang jabatan eselon II. Padahal, ada belasan jabatan eselon II di lingkungan Pemprov DKI yang masih kosong dan kini diisi pelaksana tugas (Plt).

Dalam surat instruksi Sekda DKI soal seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan Pemprov DKI, ada sejumlah kursi eselon II yang dilelang. Saat ini, beberapa jabatan itu masih diisi Plt dan bukan pejabat definitif.


s: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bisik-bisik Penyebab ASN DKI Ogah Naik Jabatan: Khawatir Demosi hingga TGUPP
Bisik-bisik Penyebab ASN DKI Ogah Naik Jabatan: Khawatir Demosi hingga TGUPP
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjexu8sfF39OjD7Fvu6exmTZoCfrbRKAo08deWlH-myops1ZYOZq69TR-WKoYztgRJ3KWWCuAtCzq8ZO4ohU6ushawTqTQ9cNA9eZJwfZSoa0Z0kXK_IFNMxB1YtDTfRZuGS0CRYXlO5ZLt/w640-h360/suasana-balai-kota-pasca-anies-riza-positif-covid-19_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjexu8sfF39OjD7Fvu6exmTZoCfrbRKAo08deWlH-myops1ZYOZq69TR-WKoYztgRJ3KWWCuAtCzq8ZO4ohU6ushawTqTQ9cNA9eZJwfZSoa0Z0kXK_IFNMxB1YtDTfRZuGS0CRYXlO5ZLt/s72-w640-c-h360/suasana-balai-kota-pasca-anies-riza-positif-covid-19_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/bisik-bisik-penyebab-asn-dki-ogah-naik.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/bisik-bisik-penyebab-asn-dki-ogah-naik.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy