$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Israel Andalkan Iron Dome, Indonesia Miliki Sistem Rudal Canggih NASAMS

INDONESIAKININEWS.COM -  Sistem pertahanan rudal Iron Dome jadi buah bibir dunia setelah diklaim mencegat 90 persen dari 4.000 lebih roket G...



INDONESIAKININEWS.COM - Sistem pertahanan rudal Iron Dome jadi buah bibir dunia setelah diklaim mencegat 90 persen dari 4.000 lebih roket Gaza yang ditembakkan ke Israel. 

Militer Indonesia juga memiliki sistem pertahanan rudal yang canggih bernama Norwegian Advanced Surface to Air Missile System 2 (NASAMS 2).

Iron Dome terdiri dari serangkaian radar pendeteksi dan pelacakan, Battle Management and Weapon Control Centers [Manajemen Pertempuran dan Pusat Kontrol Senjata] dan unit penembakan rudal tak berawak. Unit tersebar, memungkinkan Iron Dome menutupi area maksimum di Israel.

Radar mendeteksi dan melacak beberapa proyektil yang masuk; Sistem Manajemen Pertempuran kemudian menentukan apakah setiap proyektil merupakan ancaman, dan menetapkan satu atau lebih pencegat. 

Setiap peluncur membawa 20 rudal Tamir yang masing-masing beratnya sekitar 200 pon dan memiliki jangkauan lebih dari 40 kilometer. Harganya diperkirakan masing-masing antara USD20.000 (Rp286 juta) hingga USD100.000 (Rp1,4 miliar).

Iron Dome sebagian besar berhasil mencegah roket Hamas. Tetapi, menurut analisis Forbes, sistem itu ada kelemahannya, yakni memiliki "titik jenuh" yang tinggi tetapi tidak diketahui jumlah maksimum roket yang dapat ditangani pada satu waktu. Jika jumlah itu terlampaui, roket berlebih akan leluasa masuk.
 
Serangan baru-baru ini dari Gaza tampak seperti upaya untuk membanjiri sistem Iron Dome dengan lebih banyak roket daripada sebelumnya. 

Analisis lain dari International Business Times mengtakan sistem kerja dari Iron Dome sebenarnya adalah algoritma. Artinya, jika musuh Israel berhasil mengakali atau mengelabuhi algoritma sistem Iron Dome maka itu menjadi titik kelemahannya.

Masalah lain untuk operasional Iron Dome adalah pasokan rudal pencegat Tamir yang terbatas, dan harganya mahal. Belum lagi efek sistem itu di lapangan seperti radiasinya menyebabkan kanker pada operator.

Hamas sendiri dilaporkan telah menimbun ribuan roket dan senjata lainnya.

 Terkadang Iron Dome meluncurkan dua rudal melawan satu roket untuk memastikan intersepsi berhasil. 

Jika senjata pertahanan Israel itu kehabisan rudal pencegat, korban bisa meningkat dengan cepat. Ini dapat memotivasi tindakan militer Israel untuk melawan peluncur roket musuh.

Menurut studi tahun 2016 oleh RAND Corporation, efektivitas Iron Dome bahkan mungkin menjadi kelemahan strategis. Karena serangan roket Hamas menyebabkan kerusakan yang sangat kecil, setiap tanggapan militer Israel dipandang tidak proporsional dan kasar.

NASAMS 2 Indonesia

Menurut laporan Asia Pacific Defense Journal, Indonesia telah menerima sistem pertahanan rudal Norwegian Advanced Surface to Air Missile System 2 (NASAMS 2), yang dipesannya dari Kongsberg Group Norwegia pada tahun 2017.

Foto-foto yang muncul dari halaman situs pertahanan Indonesia menunjukkan peluncur rudal NASAMS 2 milik unsur dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), sedang dipersiapkan dan dipersenjatai dan dikatakan akan disebarkan ke Ibu Kota Indonesia, Jakarta.

Baterai pertama diharapkan untuk mempertahankan fasilitas pemerintah yang bernilai tinggi, termasuk Istana Negara, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kementerian Pertahanan Indonesia memesan dua baterai NASAMS dari Kongsberg Group dalam kesepakatan senilai USD77 juta.

Sistem ini menggunakan rudal pertahanan udara jarak menengah Raytheon AIM-120 AMRAAM, serupa dengan yang telah digunakan oleh pesawat tempur F-16C/D Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara (TNI-AU). 

Ini juga cukup kompak untuk dibawa oleh pesawat angkut C-130 Hercules, dan dapat dipasang pada platform mobile.

Ini adalah sistem pertahanan udara berbasis darat TNI yang paling andal, dan mampu melakukan pertempuran jarak menengah hingga 60 kilometer.

TNI berencana untuk memesan unit tambahan meskipun ini masih tunduk pada rencana program modernisasi Kekuatan Esensial Minimum Kementerian Pertahanan.



 

S: Sindonews


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Israel Andalkan Iron Dome, Indonesia Miliki Sistem Rudal Canggih NASAMS
Israel Andalkan Iron Dome, Indonesia Miliki Sistem Rudal Canggih NASAMS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEZmN8YTOKwAVUJwONZ_eaZnAfF44da2uYmonT1yb-6U_VHzzKmhor4lgy0qkv4hl3P0LRF762B9bdTjTwgDW0TGDktq_VLNh2U6bWFzT064ZHJ5apndfTxBiD0kPuMFQ4OBu4la290xk/w640-h424/Screenshot_2021-05-22-19-46-29-54.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEZmN8YTOKwAVUJwONZ_eaZnAfF44da2uYmonT1yb-6U_VHzzKmhor4lgy0qkv4hl3P0LRF762B9bdTjTwgDW0TGDktq_VLNh2U6bWFzT064ZHJ5apndfTxBiD0kPuMFQ4OBu4la290xk/s72-w640-c-h424/Screenshot_2021-05-22-19-46-29-54.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/israel-andalkan-iron-dome-indonesia.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/israel-andalkan-iron-dome-indonesia.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy