$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Aksi Mencengangkan Jokowi di Panggung PON, Berikut Komentar Tokoh Papua

INDONESIAKININEWS.COM -  Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 secara langsung...



INDONESIAKININEWS.COM - Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 secara langsung membuat suasana stadion bergemuruh.

Adanya Jokowi di Papua ini lantas mendapat penilaian dari sejumlah tokoh di Papua. Seperti diketahui, Presiden Jokowi kembali menginjakkan kakinya di Bumi Cendrawasih.

Jokowi dengan bangganya memperkenalkan stadion yang baru dan digunakan dalam pembukaan sebagai yang terbaik se-Asia Pasifik.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama. Kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini," katanya sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Kita bangga membuka PON ke 20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," ucapnya menambahkan.

Suara tepuk tangan dan sorak sorai terdengar dari tribun saat Jokowi melontarkan 3 kalimat dengan bahasa setempat.

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan PON XX Papua 2021, seperti dikutip dari Antara.

Jika diartikan, Huwe foi dan onomi rehmay adalah selamat malam, selamat datang dan Tuhan memberkati.

Sementara wa wa wa biasa digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

Menanggapi pidato sambutan tersebut, salah seorang Tokoh Pemuda Papua, Otniel Deda menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk Joko Widodo.

"Saya bangga bahwa Presiden Joko Widodo bisa menyapa dengan salah satu bahasa kami yakni Bahasa Sentani dari Kabupaten Jayapura," kata Otniel di Jayapura, pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Lebih lanjut, dia berharap ke depannya akan banyak orang yang memahami dan mengerti bahasa daerah Papua.

Tokoh lainnya yang menjabat Gubernur Papua, Lukas Enembe mengaku bangga sekaligus terharu ketika Jokow kembali berkunjung ke Bumi Cenderawasih.

Menurut Lukas Enembe, kedatangan Jokowi dianggap sebagai obat pelepas rasa rindu masyarakat Papua yang sudah talam tak berjumpa secara langsung dengan sang presiden.

Sebab, Jokowi, kata dia, terakhir datang ke Papua pada Oktober 2019.

"Sebab terakhir kali Bapak Presiden Joko Widodo menapaki kaki di tanah Papua pada Oktober 2019," kata Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rivai Darus di Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Pemprov Papua.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Jayapura, Papua sekitar pukul 16.20 WIT. Dari Bandara Sentani Jayapura, Jokowi langsung membeli noken dari mama Papua.

Gubernur Papua, menurut Rivai, berterimakasih kepada Kapolri dan Panglima TNI yang telah memberikan rasa aman pada pagelaran PON XX Papua 2021.

Selain itu, Gubernur Papua juga menyambut hangat para menteri Kabinet Indonesia Maju yang silih berganti datang ke Papua untuk memastikan sektor-sektor yang berkaitan dengan masing-masing tupoksi kementerian terkait.

Sebelumnya, viral kejadian saat mobil yang ditumpangi Jokowi mendadak diberhentikan oleh sekelompok suster saat melintas di jalanan Kota Jayapura, Papua.

Video yang memperlihatkan peristiwa itu dibagikan oleh juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, melalui unggahan di akun Twitter pribadinya.

Dalam video berdurasi 1.01 menit itu, sekelompok suster yang berdiri di pinggir jalan berteriak memanggil nama Jokowi ketika mobil yang ditumpangi Presiden melintas.

"Bapak! Bapak!" kata salah satu suster yang berdiri di pinggir jalan. Tampak jendela mobil Jokowi terbuka ketika suster itu berteriak.

Mobil Jokowi kemudian berhenti sesaat setelah dipanggil. Sekelompok suster itu pun bergegas menghampiri Jokowi.

Paspampres yang mengawal Jokowi langsung waspada, mereka sigap turun dari kendaraannya kemudian berdiri di dekat pintu mobil Jokowi.

Setelah memastikan semua aman, salah satu pengawal membuka pintu mobil dan mempersilakan Jokowi menemui para suster itu. Jokowi kemudian menyalami suster-suster itu.


s: pikiran-rakyat.com


Name

Berita,17505,H,111,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,17375,News,722,OPINI,77,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Aksi Mencengangkan Jokowi di Panggung PON, Berikut Komentar Tokoh Papua
Aksi Mencengangkan Jokowi di Panggung PON, Berikut Komentar Tokoh Papua
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjServXh2JljDGk4YS1cFgFmNgAq19i9OpvqgLxO-5-SritwQ3hNRukzi-zZd0JhQ2njoQaRuXH9DIxmuM3ilpEHatZ2Ug3cI4JOAyHXOLE3GiG7juFxMT_40ii9Ems5mTfENu16EWZqIlhc_6XavOGwmul5-ADFRCj2mT14Kk-pV_i1f5JsbH-p_oQyQ=w640-h342
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjServXh2JljDGk4YS1cFgFmNgAq19i9OpvqgLxO-5-SritwQ3hNRukzi-zZd0JhQ2njoQaRuXH9DIxmuM3ilpEHatZ2Ug3cI4JOAyHXOLE3GiG7juFxMT_40ii9Ems5mTfENu16EWZqIlhc_6XavOGwmul5-ADFRCj2mT14Kk-pV_i1f5JsbH-p_oQyQ=s72-w640-c-h342
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/aksi-mencengangkan-jokowi-di-panggung.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/aksi-mencengangkan-jokowi-di-panggung.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy