$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

OPM Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi, Jika Tuntutan Tak Dipenuhi Ancam Bakal Perang Terus

INDONESIAKININEWS.COM -  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengirimkan surat terbuka kepada Presi...



INDONESIAKININEWS.COM - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo. 

Ini adalah surat kesekian kalinya disampaikan oleh OPM kepada Pemerintah Indonesia. Pada tahun 2018 lalu, OPM juga pernah mengirim surat dengan tuntutan yang sama kepada Pemerintah Indonesia. Namun tidak ditanggapi secara serius oleh pemerintah.

Dalam surat tersebut, juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengatakan, ada lima permintaan OPM yang harus direalisasikan oleh Pemerintah Indonesia.

"Apabila pemerintah Indonesia tidak menyetujui tuntutan dan tawaran ini maka TPNPB tidak akan berhenti perang. Perang melawan militer Indonesia di Papua akan dilakukan sampai puncak tuntutan TPNPB dilaksanakan," tegas Jubir TPNPB tersebut.

Sebby memulai membaca surat tersebut dengan mengklaim bahwa rakyat Papua menolak pembangunan infrastruktur di Tanah Papua.

Ada pun isi 5 permintaan tersebut yakni:

1. Hentikan Pembangunan Jalan Trans Papua

2. Tarik gabungan militer Indonesia dari Nduga.

3. Indonesia izinkan jurnalis asing meliput di Nduga, Timika, Puncak Jaya, Paniai, dan Lani Jaya.

4. Indonesia izinkan United Nation Higher Commissioner for Refugee (UNHCR) masuk di Nduga untuk mengurus pengungsian warga sipil pribumi dan non pribumi di Nduga.

5. Indonesia izinkan Palang Merah Internasional masuk di Nduga guna mengevakuasi dan perawatan bagi korban warga sipil di Kabupaten Nduga.

Diketahui saat ini beberapa distrik masih dalam keadaan mencekam.

Baru-baru ini Oklib kembali menjadi tempat amukan KKB Lamek Taplo.

Beberapa rumah warga dan bangunan dibakar guna menunjukkan eksistensinya di Papua.

Ditangkap TNI

Satgas Nemangkawi telah berhasil menangkap anggota OPM yang paling dicari.

Oleh karena itu pergerakan KKB Papua saat ini semakin terjepit, 

Aparat gabungan TNI-Polri Satgas Nemangkawi menangkap seorang anggota kelompok teroris OPM, Gumanggup Enumbi, yang masuk daftar orang dicari bersama dua orang lain berinisial ME dan MT, di TK Pintu Jawa Kabupaten Puncak, Papua.

Melansir dari Antara, Komandan Satuan Tugas Humas Satgas Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Aqudusy mengatakan, berdasarkan informasi Satgas Elang ll bahwa acara bakar batu di Kampung Ninggilome, Distrik Magaibume, Kabupaten Puncak, dalam rangka peresmian gereja akan dihadiri beberapa tokoh kelompok teroris OPM.

Pada saat itu, kata dia, komandan Satgas YR 715/Mtl telah memerintahkan personel TK Pintu Jawa untuk memeriksa semua kendaraan yang melintasi TK Pintu Jawa.

Hal ini untuk menutup pergerakan kelompok separatis OPM dari arah Mulya di Kabupaten Puncak Jaya menuju Kampung Ninggilome, Distrik Magaibume, Kabupaten Puncak.

Tiga terduga teroris KKB Papua yang tertangkap sesuai identitas berinisial GE (41, warga Desa Yambi, Kecamatan Yambi), Umanggup Enumbi, Mogi Enumbi, warga Desa Yambi Kecamatan Yambi, serta Male Telenggen (warga Desa Yambi Kecamatan Yambi).

Keduanya merupakan rekan GE yang keterlibatan sedang didalami personel gabungan TNI-Polri.

Warga di Ilaga Diberondong Tembakan Saat Ritual Bakar Batu

Sementara itu, situasi Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak yang sudah aman kembali mencekam setelah KKB Papua mencari gara-gara lagi.

Warga di Kampung Kagi, Distrik Ilaga diberondong tembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat sedang melakukan ritual bakar batu, Kamis (8/7/2021).

Tradisi itu digelar sebagai bentuk syukur atas situasi keamanan yang mulai kondusif di wilayah tersebut.

Namun, KKB Papua tiba-tiba menembaki warga sekitar pukul 13.30 WIT.

"Ya benar (ada kontak senjata) tapi tidak ada korban," ujar Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis.

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kontak Senjata di Ilaga, KKB Lepaskan Tembakan ke Arah Masyarakat yang Gelar Prosesi Bakar Batu'

Acara bakar batu tersebut dihadiri Bupati Puncak Willem Wandik bersama Forkompinda Kabupaten Puncak.

KKB Papua, kata Iwan, menembak ke arah masyarakat yang sedang berkumpul dalam prosesi bakar batu.

Aparat keamanan yang berjaga di lokasi acara pun membalas tembakan itu.

Namun, kelompok itu kabur ketika aparat keamanan membalas.

"Personel masih melakukan pengejaran," kata dia.

Iwan belum bisa memastikan kelompok mana yang melakukan penembakan.

"Kemungkinan yang menganggu adalah kelompok Lekagak Telenggen atau kelompok Teri Mayu yang berada di sekitar muara," kata Iwan.

Sebelumnya, KKB Papua Egianus Kogoya juga kembali meneror.

Mereka menembaki prajurit TNI hingga terluka.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tersebut kembali berulah di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (6/7/2021).

KKB Papua terlibat kontak senjata dengan personel TNI dari Satgas 310/KK.

Sebanyak tiga personel TNI mengalami luka tembak akibat kontak senjata tersebut.

"Betul. Saat ini ketiga prajurit yg luka sudah dievakuasi ke Timika dan dirawat di RS setempat dengan kondisi luka yang minor dan dalam keadaan baik," ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono, melalui pesan singkat, Rabu (7/7/2021).

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kontak Senjata TNI dan KKB Egianus Kogoya di Nduga, 3 Prajurit Terluka'

Personel TNI yang terluka di antaranya, Praka Sigit mengalami luka tembak di pinggang dan Pratu Masmur mengalami luka terserempet peluru di bagian kepala.

Lalu, Prada Rudi mengalami luka di bagian bibir atas terkena rekoset.

Igantius memastikan, para pelaku yang diperkirakan berjumlah lima orang merupakan kelompok Egianus Kogoya.

"Ya benar, itu kelompoknya Egianus," kata dia.

Kronologinya berawal saat personel 310/KK hendak melakukan pendorongan logistik menggunakan helikopter.

Saat berada di Kampung Yal, KKB Papua menembaki personel TNI dan menyebabkan terjadinya kontak senjata.

Setelah personel lain datang ke lokasi kejadian, aparat keamanan memukul mundur KKB.

Personel Satgas 310/KK mengeklaim salah satu anggota KKB Papua berambut panjang tertembak, tetapi dibawa kabur rekan mereka.


s: tribunjabar.com


Name

Berita,17439,H,110,HUMOR,7,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,17309,News,705,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: OPM Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi, Jika Tuntutan Tak Dipenuhi Ancam Bakal Perang Terus
OPM Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi, Jika Tuntutan Tak Dipenuhi Ancam Bakal Perang Terus
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgh20i-akADYYJR6mQV9sXxZR6CUMvI9Q4RfPFkgyWeAtP3q0FFiuft3SlQyauoCH8y8rM2Idw7B69dBJzGC-15TltVS03-qg1YvfCuHThkEDG8rZIo0BdYGONTB8YVOeBCSZ8lBBrlhOdbuDguJdHpBIEAL-XEMj_0bysdF4s7IgArCmkLo9afa5KxhQ=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgh20i-akADYYJR6mQV9sXxZR6CUMvI9Q4RfPFkgyWeAtP3q0FFiuft3SlQyauoCH8y8rM2Idw7B69dBJzGC-15TltVS03-qg1YvfCuHThkEDG8rZIo0BdYGONTB8YVOeBCSZ8lBBrlhOdbuDguJdHpBIEAL-XEMj_0bysdF4s7IgArCmkLo9afa5KxhQ=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/opm-kirim-surat-terbuka-kepada-presiden.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/opm-kirim-surat-terbuka-kepada-presiden.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy