$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Murka Ketua DPRD DKI Ancol Pinjam Rp 1,2 T dan Kecurigaan Terkait Formula E

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi murka soal pinjaman Rp 1,2 triliun Ancol ke Bank DKI. Prasetio curiga dana tril...



INDONESIAKININEWS.COM - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi murka soal pinjaman Rp 1,2 triliun Ancol ke Bank DKI. Prasetio curiga dana triliunan rupiah itu berkaitan dengan Formula E.

Kemarahan Prasetio itu diungkapkan saat rapat di Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/12/2021). Komisi B memanggil pihak Ancol dan Bank DKI untuk minta penjelasan soal pinjaman Rp 1,2 triliun.

Awalnya Direktur Keuangan PT Pembangunan Jaya Ancol Suparno menjelaskan realisasi dan rencana pinjaman perusahaan terdiri atas kredit modal kerja (KMK) sebesar Rp 389 miliar serta kredit investasi senilai Rp 516 miliar dan Rp 334 miliar. Jika diakumulasikan, nilainya mencapai Rp 1,239 triliun.

Suparno kemudian memerinci kredit investasi sebesar Rp 334 miliar diperuntukkan buat belanja modal 2022 dan 2023. Salah satunya untuk revitalisasi Gerbang Timur Ancol.

"Jadi Rp 334 (miliar) ini adalah untuk membiayai investasi periode 2022 sampai 2023 sesuai perencanaan yang kami lakukan yang sifatnya belum kami putuskan atau kredit investasinya belum ditandatangani," kata Suparno di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/3021).

"Kita list down berapa biayanya. Jadi ada studi pengembangan Marina, studi off the sea, karena kita mau revitalisasi gate utama kita biar punya ambiance yang bagus. Terus ada gerbang timur dan lain-lainnya. Kita lihat udah ter-list proyek dari yang akan kita lakukan di 2022 sampai 2023," sambungnya.

Ketua DPRD Prasetio kemudian mencecar pejabat Ancol itu. Dia curiga karena, menurutnya, proyek revitalisasi Gerbang Timur Ancol sama dengan lokasi sirkuit Formula E.

"Bank DKI kucurkan kredit Rp 1,2 triliun ke Ancol pinjaman itu ditandatangani 20 Desember 2021. Betul ya? Dua hari kemudian, 22 Desember 2021, Pemprov DKI Jakarta mengumumkan secara resmi Ancol sebagai lokasi gelaran Formula E. Ini saya sebagai legislatif ini kok terlalu banyak sekali kebetulan persoalan pinjaman keuangan Bank DKI ke Ancol," ujar Prasetio.

"Kita ini nggak goblok-goblok juga. Kok ada satu kebersamaan pinjaman uang yang nggak kecil, Rp 1,2 triliun," lanjutnya.

Prasetio berkali-kali memukul meja sampai mencecar soal dana pinjaman itu. Dia mempertanyakan soal rencana pembangunan sarana dan prasarana di Ancol.

"Pertanyaan saya, pembangunan sarana dan prasarana di Ancol Timur untuk apa, kok lokasinya sama dengan rencana sirkuit formula E? Anggarannya sama Rp 334 miliar. Bagaimana mekanisme untuk Ancol kembalikan pinjaman ke Bank DKI ke depannya?" imbuhnya.

Dirut Bank DKI Fidri Arnaldy juga dicecar oleh Prasetio. Dia mempertanyakan apakah pinjaman itu instruksi Gubernur Anies Baswedan atau bukan.

"Saya mau tanya Bank DKI, apa dasarnya diberikan pinjaman dari Bank DKI ke Dispora? Apa perintah langsung dari Gubernur? Satu. Baru-baru ini Bank DKI juga memberikan pinjaman ke Ancol, apa ini juga instruksi dari Gubernur? Dua. Ketiga, dengan banyaknya yang memberikan pinjaman dengan jumlah yang cukup fantastis, bagaimana kondisi likuiditas Bank DKI?" kata Prasetio.

Ancam Lapor Bareskrim

Prasetio mengancam akan melapor ke Bareskrim Polri jika pinjaman itu digunakan untuk Formula E. Prasetio juga meminta Ancol maupun Bank DKI memberikan penjelasan seterang-terangnya kepada Komisi B DPRD DKI Jakarta mengenai kredit tersebut.

"Saya minta penjelasan, jangan teori, ini udah bicara lapangan. Kalau pinjam duit, itu buat apa? Kalau itu uang pinjam ke Bank DKI Rp 1,2 triliun buat trek Formula, gue akan laporkan, saya sebagai pimpinan Dewan kalau di sini, saya laporkan kepada Bareskrim. Pasti," kata Prasetio.

"Jangan sampai nanti atau ke depannya justru membebani APBD dengan permohonan (PMD), ntar gua lagi yang ngetok, Bos," sebutnya.

Dia meminta jangan sampai anggaran revitalisasi Ancol digunakan untuk persiapan sirkuit ajang mobil listrik itu.

"Komisi B DPRD DKI Jakarta harus menekankan mengenai revitalisasi gerbang Ancol sisi timur itu sama dengan lokasi dibangunnya sirkuit Formula E. Ini sama, jadi lokasi yang akan diturunkan anggaran itu lokasi yang akan dibangun di Ancol," tegasnya.

"Jadi jangan coba-coba, Pak, ini bukan event kecil. Ini event besar. Sampai hari ini saya nggak tahu treknya di Ancol sebelah mana," lanjutnya.

Ancol Beri Penjelasan Penggunaan Dana

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir, menerangkan pihaknya sama sekali tidak mengeluarkan dana untuk Formula E. Lantas untuk apa pinjaman Rp 1,2 triliun itu?

"Tentunya dalam pandemi ini, kalau kita nggak pinjam uang dan nggak minta PMD (penyertaan modal daerah), kondisi Ancol pasti akan tutup selamanya. Selama pandemi tetap harus makan hewan, wahana Dufan harus running, tiap hari maintenance juga besar," kata Teuku.

Teuku mengungkap Ancol mengalami kesulitan keuangan sejak pandemi COVID-19 pada 2020. Kendati demikian, pengelola tetap harus membayar gaji karyawan hingga perawatan peralatan.

"Kita tidak ada PHK, sedangkan pendapatan kita nol. Jadi kalau melihat sekarang (tahun ini) kita ada pendapatan. Jadi kalau refleksi tahun 2020 kita kesulitan keuangan sehingga kita harus pinjam untuk tutup itu. Kalau tidak, hewan kita tidak bisa kasih makan, Sea World tutup, pompa nggak bayar listrik, kemudian Dufan juga rusak, " jelasnya.

Dari total pinjaman Rp 1,2 triliun itu, sebutnya, sebanyak Rp 334 miliar di antaranya akan diperuntukkan buat belanja modal tahun 2022 dan 2023. Teuku menegaskan anggaran Rp 334 miliar itu belum disetujui.

"Jadi dana Rp 334 miliar yang belum kita sign, hanya dalam bentuk plafon stand by loan Bank DKI. Tentunya akan kita keluarkan, akan kita minta ke Bank DKI jika kalau ada kebutuhan yang secara kajian bisnis layak dan feasible," ujarnya.

Soal lokasi revitalisasi yang disebut sama dengan venue Formula E, Teuku memberikan penjelasan. Dia menyebut lokasinya berbeda.

"Jadi kalau sekarang Bapak masuk Ancol, sebagian besar kan hampir 70 persen lewat Ancol Timur. Itu kena PeduliLindungi sehingga kita mau benahi, jalur mau kita lebari ke arah Bandar Jakarta itu. Sedangkan kalau yang treknya (Formula E) itu yang di Pantai Karnaval, Pak, yang Bapak balapan off road. Nah itu daerah sana. Hanya 2,4 kilometer, muter gitu. Itu dari Segara kemudian muter sampai kuburan Belanda itu," tuturnya.

s; detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Murka Ketua DPRD DKI Ancol Pinjam Rp 1,2 T dan Kecurigaan Terkait Formula E
Murka Ketua DPRD DKI Ancol Pinjam Rp 1,2 T dan Kecurigaan Terkait Formula E
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilpNurzLUl6rZFV5FPEOqv2aPNyrAhQkvqBDc1rrQLNDxWvaY1hs0SouAKRGsBQqaSJFhs-j5MIxT4naTn5fNQfAmHgdKPOnMEjs43Yu6BIzgVDT4Kg8N3Rgcl8_AdrRFPjSiT24U0wovLZp8Y8-xHtKK5MWO3v39msJEBWxPqt8kxbP4jTDLdfAZx_Q=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEilpNurzLUl6rZFV5FPEOqv2aPNyrAhQkvqBDc1rrQLNDxWvaY1hs0SouAKRGsBQqaSJFhs-j5MIxT4naTn5fNQfAmHgdKPOnMEjs43Yu6BIzgVDT4Kg8N3Rgcl8_AdrRFPjSiT24U0wovLZp8Y8-xHtKK5MWO3v39msJEBWxPqt8kxbP4jTDLdfAZx_Q=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/murka-ketua-dprd-dki-ancol-pinjam-rp-12.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/12/murka-ketua-dprd-dki-ancol-pinjam-rp-12.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy