$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ini Wajah Pria Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Ada yang Kenal?

INDONESIAKININEWS.COM -  Warga tak terima dan memburu pria buang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya, s...



INDONESIAKININEWS.COM - Warga tak terima dan memburu pria buang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Pasalnya, selama ini, di daerah tersebut sebelumnya tidak pernah ada masalah terkait kebudayaan dan adat yang selama ini dianut warga setempat.

Dalam unggahan @Setiawan3833, terdapat dua video yang menunjukkan pria buang sesajen di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

Di video pertama, terlihat seorang pria berjambang dan mengenakan penutup kepala hitam berjalan di atas lokasi lahar dingin.

Awalnya, pria itu berkacak pinggang membelakangi kamera.

“Mana?” tanya pria tersebut diduga merujuk pada sesajen yang ditaruh warga di lokasi tersebut.

Video dilanjutkan dengan ketika pria yang mengenakan gamis abu-abu dan jaket hitam tanpa lengan itu menunjuk sebuah sesajen.

“Ini yang membuat murka Allah,” kata pria itu.

Menurutnya, tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa sesajen itu lah yang sejatinya memicu kemarahan Allah.

“Jarang sekali disadari, bahwa inilah yang mengundang murka Allah. Hingga Allah menurunkan azabnya,” ucapnya.

Selanjutnya, pria itu langsung membungkuk dan membuang sesajen tersebut.

“Allahu Akbar!” kata pria sembari membuang dan menendang sesajen itu dan disahuti perekam video.

“Takbir!” yang kemudian dibalas perekam video “Allahu Akbar”.

Sedangkan di video kedua, terlihat pria perekam video menemjukan sesajen di sebuah tugu menyerupai tempat persembahyangan agama Hindu.

Sama halnya dengan video yang pertama, sebelum membuang sesajen, pria itu memekikkan takbir.

Warga Marah, Pelaku Diburu
Pemilik akun @Setiawan3833 mengungkap, bahwa sesajen yang dibuang pria berjambang itu adalah bagian dari budaya dan adat serta tradisi desa setempat.

“Janganlah berlaku sombong dengan tidak menghormati kearifan lokal, adat dan budaya lainnya. Kejadian di Sumbersari, Lumajang,” tulisnya sebagaimana dikutip PojokSatu.id, Minggu (9/1/2022).

Dijelaskan bahwa sesajen itu merupakan bagian dari sedekah desa dan ruwatan yang sebelumnya digelar desa setempat.

“Masyarakat Sumbersari, Lumajang habis mengadakan acara sedekah desa dan ruwatan untuk memohon keselamatan dari bencana tapi diperlakukan seperti ini,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa masyarakat di sana heterogen, bukan hanya Islam saja.

“Masyarakat Lumajang masih heterogen. Banyak penganut kepercayaan. Bahkan di Sumbersari Pronojiwo banyak penganut Hindu,” sambung @Setiawan3833.

Tindakan pria membuang sesajen itu pun telah memancing kemarahan masyarakat setempat.

Disebutkan bahwa masyarakat tidak terima dengan pria buang sesajen.

Saat ini, warga juga tengah memburu pria dalam video tersebut.

“Sampai pagi ini pihak Kepolisian dan berbagai elemen masyarakat masih mencari pelaku yang tidak menghormati kearifan lokal dan kepercayaan masyarakat di Supiturang, Pronojiwo Lumajang,” tandasnya.

s; pojoksatu.id


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ini Wajah Pria Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Ada yang Kenal?
Ini Wajah Pria Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Ada yang Kenal?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhZaVTI66BB31dGmumN55T-Brxcz-J1SlL91oQ04h2L4g34Ey34Fv5N0Z4uDCeTOZm0IIuzLoMurVZz1hezLYTXkBGzJuq_1_6R7zkR-LQYjY3XqU-TJfOXyAZNqcpLsr4aWcu9DQYdTyowyAnO7cw0PbkvaI2hPMbVFjEA0i4w_DAzxt2jElvceEUUZw=w640-h350
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhZaVTI66BB31dGmumN55T-Brxcz-J1SlL91oQ04h2L4g34Ey34Fv5N0Z4uDCeTOZm0IIuzLoMurVZz1hezLYTXkBGzJuq_1_6R7zkR-LQYjY3XqU-TJfOXyAZNqcpLsr4aWcu9DQYdTyowyAnO7cw0PbkvaI2hPMbVFjEA0i4w_DAzxt2jElvceEUUZw=s72-w640-c-h350
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ini-wajah-pria-buang-sesajen-di-lokasi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ini-wajah-pria-buang-sesajen-di-lokasi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy