$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

BMKG: Cilegon Terancam Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 8 Meter

INDONESIAKININEWS.COM -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi gempa besar magnitudo 8,7 disertai tsunami se...



INDONESIAKININEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi gempa besar magnitudo 8,7 disertai tsunami setinggi 8,28 meter dari Selat Sunda yang mungkin melanda Kota Cilegon, Banten.

"Letak Cilegon yang berada di ujung barat Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda selain strategis juga memiliki risiko bencana yang cukup besar jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi dan tsunami," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/2).

Dwikorita mengindikasikan ada empat sumber potensi gempa bumi dan tsunami di area tersebut yaitu Zona Sumber Gempa Megathrust berstatus rawan gempa bumi dan tsunami. Kemudian ada Zona Sesar Mentawai, Sesar Semangko, dan Sesar Ujung Kulon berstatus rawan gempa bumi dan tsunami.


Lebih lanjut terdapat Zona Graben Selat Sunda berstatus rawan longsor dasar laut yang dapat membangkitkan tsunami. Terakhir, ada Gunung Anak Krakatau. Jika gunung tersebut terjadi erupsi, maka juga dapat memicu tsunami.

Berdasarkan pemodelan yang dilakukan BMKG, jika terjadi gempa yang bersumber di Zona Megathrust Selat Sunda, maka terdapat potensi gempa dengan kekuatan mencapai magnitudo 8,7.

Diperkirakan kawasan Cilegon akan terdampak guncangan mencapai skala intensitas VI-VII MMI, yang dapat menimbulkan kerusakan ringan, sedang, hingga berat.

"Berdasarkan penelitian dan pemodelan yang dilakukan BMKG, jika terjadi gempa yang bersumber di Zona Megathrust Selat Sunda, maka terdapat potensi gempa dengan kekuatan hingga magnitudo 8,7," kata Dwikorita dalam keterangan tertulis, Rabu (16/2).

Gempa berkekuatan besar itu berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 8,28 meter dan menyebabkan kawasan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon bakal terhempas jika itu terjadi.

Tingginya gelombang tsunami itu disebabkan posisi pelabuhan yang berada pada teluk yang menghadap celah sempit (selat) yang berseberangan dengan Pulau Merak Besar.

"Posisi ini memungkinkan terjadinya amplifikasi atau penguatan gelombang tsunami di lokasi tersebut," tuturnya.

Dampak dari tsunami tersebut kemungkinan akan menimbulkan genangan yang diperkirakan mencapai jarak terjauh sekitar 1,5 kilometer dari tepi pantai Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan dan Kelurahan Warnasari, dan Kecamatan Citangkil di Kota Cilegon.

Dampak lain yang bisa melanda Cilegon adalah kerusakan kawasan industri akibat gempa dan tsunami. Bisa berakibat sangat buruk jika zat kimia berbahaya menyebar di masyarakat.

"Bencana ikutan akibat gempa bumi dan tsunami juga berpotensi terjadi di kawasan industri Cilegon, berupa kebakaran, sebaran zat kimia berbahaya, ledakan bahan kimia, ataupun tumpahan minyak," ucapnya.

s; cnnindonesia.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: BMKG: Cilegon Terancam Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 8 Meter
BMKG: Cilegon Terancam Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 8 Meter
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg2K8EmVc3if4K1U313_CEzrF8JjeGZ6ulh9ImFqjIFkOCnOn7ZtE7hlFUdzT14vU5RPNdG5OJos5kIoPgItFIxKXW-_GE0NUUnFmzdBL7FmHVeHbWYxsMQwveagghgU57MBlF8K7tpfCJJfajrbV-Lzo_MvVO61_Aw6Y0l3IxLNJVflY1uh6iInoTyLA=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg2K8EmVc3if4K1U313_CEzrF8JjeGZ6ulh9ImFqjIFkOCnOn7ZtE7hlFUdzT14vU5RPNdG5OJos5kIoPgItFIxKXW-_GE0NUUnFmzdBL7FmHVeHbWYxsMQwveagghgU57MBlF8K7tpfCJJfajrbV-Lzo_MvVO61_Aw6Y0l3IxLNJVflY1uh6iInoTyLA=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/bmkg-cilegon-terancam-gempa-magnitudo.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/bmkg-cilegon-terancam-gempa-magnitudo.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy