$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

CEK FAKTA: Viral Pasutri Terpidana Mati Beragama Hindu Didandani Seperti Umat Islam di Bali, Benarkah?

INDONESIAKININEWS.COM -  Beredar video dengan narasi sepasang suami istri terpidana mati di Bali yang beragama Hindu didandani layaknya umat...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Beredar video dengan narasi sepasang suami istri terpidana mati di Bali yang beragama Hindu didandani layaknya umat Islam saat diadilii.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Ace Surahman pada 22 Februari 2022. Akun ini mengunggah video yang menunjukkan seorang pria mengenakan kopiah dan seorang wanita berjilbab saat menjalani sidang.

Kedua orang itu disebut pasangan suami istri yang menjadi terpidana mati. Mereka disebut didandani layaknya umat Islam saat diadili, padahal beragama Hindu.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Sepasang suami istri terpidana mati di Bali, notabene beragama hindu ketika diadili, didandani layaknya umat islam. Suami pakai kopiah n istri pakai jilbab. Kemauan pesakitan sendiri atau ikut skenario ? Biar apa coba? Biar Islam semakin terlihat jelek dan radikal begitukah maksud kalian!! Salah besar kalau itu tujuan kalian!! Islam akan tetap mulia hingga akhir zaman walau sekeras apapun kalian mencoba menghinakannya!”


Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi pasutri terpidana mati di Bali yang beragama Hindu namun didandani layaknya umat Islam saat diadilii tidak benar.

Faktanya, keduanya memang beragama Islam. Identitas pasangan suami istri ini dimuat dalam lampiran putusan Pengadilan Tinggi Denpasar Nomor 90/Pid/2012/PT.Dps yang diunggah di situs putusan3.mahkamahagung.go.id.

Dalam dokumen itu, pasangan suami istri itu disebutkan beragama Islam. Pria yang mengenakan kopiah dalam video tersebut bernama Heru Hendriyanto alias E’en alias Komang (27).

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Sedangkan wanita berjilbab itu adalah Ni Putu Anita Sukradewi (22). Pasutri ini dijatuhi vonis hukuman mati karena didakwa menjadi otak pembunuhan keluarga Made Purnabawa di Kampial, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali pada 2012.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi pasutri terpidana mati di Bali yang beragama Hindu namun didandani layaknya umat Islam saat diadilii adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

S:Suara


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: CEK FAKTA: Viral Pasutri Terpidana Mati Beragama Hindu Didandani Seperti Umat Islam di Bali, Benarkah?
CEK FAKTA: Viral Pasutri Terpidana Mati Beragama Hindu Didandani Seperti Umat Islam di Bali, Benarkah?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjqdFDcNyya12PPatmwv31Lqeu38tmtxg1ToFmx5US75LHphlptNP1vX3cthauPIfW0gAJN4ltStFRwJiPrvonqCMweTYcKR6_O5Rpfnp3wXgal_yDTn9ZBhLeGSPFB5WFIURtwHh81qwhshwE4zKoA9MlU06oo1JtxSFzY6m1iK2qrSfzTca27Ft_HUQ=w640-h358
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjqdFDcNyya12PPatmwv31Lqeu38tmtxg1ToFmx5US75LHphlptNP1vX3cthauPIfW0gAJN4ltStFRwJiPrvonqCMweTYcKR6_O5Rpfnp3wXgal_yDTn9ZBhLeGSPFB5WFIURtwHh81qwhshwE4zKoA9MlU06oo1JtxSFzY6m1iK2qrSfzTca27Ft_HUQ=s72-w640-c-h358
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/cek-fakta-viral-pasutri-terpidana-mati.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/cek-fakta-viral-pasutri-terpidana-mati.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy