$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Habib Kribo Minta Ferdinand Hutahaean Dibebaskan, Hakim Beri Nasihat Begini

INDONESIAKININEWS.COM -  Zein Assegaf alias Habib Kribo meminta majelis hakim membebaskan Ferdinand Hutahaean dalam kasus cuitan 'Allahm...



INDONESIAKININEWS.COM - Zein Assegaf alias Habib Kribo meminta majelis hakim membebaskan Ferdinand Hutahaean dalam kasus cuitan 'Allahmu Lemah'. Hakim pun memberikan nasihat kepada Habib Kribo.

Habib Kribo awalnya mengatakan kasus cuitan Ferdinand ini berbahaya untuk negara. Sebab, menurutnya, kasus seperti ini bisa dimanfaatkan kelompok tertentu untuk saling lapor.

"Yang Mulia, karena problem ini kalau seperti ini harus dihadapi dengan hukum, ini berbahaya untuk keselamatan bangsa. Terutama dalam acara, akhirnya apa, saling tuduh saling lapor, ini apa, negara menciptakan permusuhan," kata Habib Kribo dalam sidang di PN Jakpus, Selasa (29/3/2022).

"Ini bahaya, bibit-bibit sudah keluar atau dia mengatakan karena ini saya propemerintah, dia bilang saya di-backup oleh pemerintah. Saya tidak kenal Jokowi atau siapa pun, saya sendiri saja, tidak terlibat siapa pun, stigma ini berbahaya," lanjutnya.

Habib Kribo meminta hakim membebaskan Ferdinand. Dia menilai Ferdinand merupakan korban.

"Kalau memang bisa dibebaskan, ya, dibebaskan, karena untuk pembelajaran, jangan sembarangan orang melapor. Ini sudah sangkut paut, jadi mengatur hukum negara itu fungsi, tidak setiap laporan itu harus diproses," ucapnya.

Sebelum sidang ditutup, hakim Ketua Suparman Nyompa pun menjelaskan tentang duduk perkara kasus Ferdinand. Hakim mengatakan Ferdinand diproses hukum karena cuitannya dinilai membuat gaduh.

"Jadi begini, saksi, jadi kita ini hidup di Indonesia itu adalah hukum positif, ya. Jadi, sekarang ada UU ITE itulah yang menjadikan dakwaan terdakwa. Kalau yang disampaikan saudara tadi orang pemikirannya bisa menjangkau seperti itu tidak terjadi kegaduhan, karena kalau pasal ini UU ITE yang didakwakan oleh jaksa apabila terjadi kegaduhan," papar hakim Suparman

Hakim juga membacakan cuitan Ferdinand dalam sidang. Habib Kribo sempat ingin menanggapi lagi, namun hakim meminta tak perlu ditanggapi. Hakim kemudian menasihati Habib Kribo.

"Nggak usah ditanggapi, saya hanya mengingatkan (kasus Ferdinand) dibawa ke sini karena pelanggaran UU ITE, baca baik-baik UU ITE itu, terjadi kegaduhan di masyarakat. Itu jadi berperkara jadinya, makanya hati-hati," kata hakim.

"Saudara sebagai pegiat media sosial saya ingatkan saja supaya nanti nggak jadi perkara, menyampaikan pendapat hati-hati di situ jangan sampai orang lain tersinggung dan membuat kegaduhan, gitu ya," lanjut hakim Suparman.

Dalam sidang ini, Ferdinand Hutahaean duduk sebagai terdakwa. Ferdinand didakwa menyiarkan kebohongan dan menimbulkan keonaran serta menimbulkan kebencian berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA.

Perbuatan Ferdinand itu merujuk pada salah satu cuitannya di media sosial yang menyebutkan 'Allahmu lemah', namun saat ini cuitan itu sudah dihapus oleh Ferdinand. Jaksa menilai cuitan Ferdinand tidak hanya ditunjukkan kepada Bahar Bin Smith, namun juga dapat menyakiti penganut agama Islam yang ada di seluruh Indonesia.

s; detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Habib Kribo Minta Ferdinand Hutahaean Dibebaskan, Hakim Beri Nasihat Begini
Habib Kribo Minta Ferdinand Hutahaean Dibebaskan, Hakim Beri Nasihat Begini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt-2ovlPIm-jZpSqxPNICAZ5A4JzZq_x2smgxniqhdRnUlTTwEoLna1wrlKccgF0Vf8k6bf7t2XqActLWH8NemoFuMugI0OxL4scxnn-Fgpk9tnQrWQ8xzAq2kqu6F1TJageHxb3m3aKMjdNzDYvJdJ6une4r9Pc8UbJyH92tM4DBC-o1wIA6pUOjelw/w640-h360/ahli-agama-hingga-forensik-digital-bersaksi-di-sidang-ferdinand-hutahaean-3_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt-2ovlPIm-jZpSqxPNICAZ5A4JzZq_x2smgxniqhdRnUlTTwEoLna1wrlKccgF0Vf8k6bf7t2XqActLWH8NemoFuMugI0OxL4scxnn-Fgpk9tnQrWQ8xzAq2kqu6F1TJageHxb3m3aKMjdNzDYvJdJ6une4r9Pc8UbJyH92tM4DBC-o1wIA6pUOjelw/s72-w640-c-h360/ahli-agama-hingga-forensik-digital-bersaksi-di-sidang-ferdinand-hutahaean-3_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/habib-kribo-minta-ferdinand-hutahaean.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/habib-kribo-minta-ferdinand-hutahaean.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy