$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Tiket Masuk Borobudur Naik Drastis Jadi Rp 750, Fatwa Haram Dari Buya Yahya Dan Ustad Sofyan Kembali Viral

INDONESIAKININEWS.COM -  Rencana pemerintah memberlakukan tarif baru tiket masuk Candi Borobudur bagi wisatawan domestik sebesar Rp750.000 m...



INDONESIAKININEWS.COM - Rencana pemerintah memberlakukan tarif baru tiket masuk Candi Borobudur bagi wisatawan domestik sebesar Rp750.000 menuai kritik dari sejumlah kalangan.

Dari perspektif perlindungan terhadap cagar budaya, Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Sri Margana, sepakat bahwa "membatasi kunjungan untuk preservasi heritage yang sudah ribuan tahun umurnya itu baik".

Pembatasan pengunjung juga perlu karena, menurutnya, setiap tahun jumlah wisatawan di Borobudur semakin berjubel di area yang terbatas sehingga pengunjung tidak bisa menikmati kunjungannya dengan nyaman.

Akan tetapi, dia tidak sepakat dengan rencana kenaikan harga tiket bagi wisatawan domestik hingga mencapai Rp750.000.

"Membatasi kunjungan dengan cara menaikkan tiket secara ugal-ugalan itu juga akal-akalan saja, mau melindungi obyeknya tetapi tidak mau berkurang penghasilannya," kata pria yang berfokus pada bidang ilmu sejarah dan arkeologi tersebut.

Gara gara rencana tersebut, kini ceramah ceramah para ustad yang mengharamkan berkunjung ke Borobudur kembali Viral lantaran dianggap perbuatan musyrik

Belakangan ini pernyataan Ustaz Sofyan Chalid Ruray melarang umat muslim untuk berwisata ke Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah menuai sorotan tajam. 

Melalui video lawas yang di unggah channel youtube Bismillah Everthing. Ustaz Sofyan secara tegas mengatakan jika umat muslim yang menginjakkan kaki di Candi Borobudur hukumnya haram. 

"Hukumnya haram karena itu termasuk ke persetujuan kepada peribadahan mereka. Makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama mereka," ucap Ustaz Sofyan. 

"Karena dalam firman Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka, maka seperti mereka. Sebab hadirnya kita di situ otomatis kita meyakini kepercayaan mereka," jelasnya.

Rupanya pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya sependapat dengan pernyataan Ustad Sofyan tersebut. Melalui sebuah video 5 tahun silam, Buya Yahya pernah memberikan pernyataan soal hukum umat muslim berwisata ke Candi Borobudur. 

Menurut Buya Yahya berwisata ke Candi Borobudur yang notabene merupakan rumah ibadah agama Budha ini tidak elok jika dikunjungi oleh umat muslim. 

"Berwisata ke tempat seperti Candi Borobudur itu tidak terhormat karena itu merendahkan Allah. Kita melihat tempat orang mabuk dan zina adalah tempat yang hina. Akan tetapi tempat yang menyembah selain Allah adalah sehina-hinanya tempat," ujar Buya Yahya melalui channel youtube Al-Bahjah TV. 

Selain itu, Buya Yahya juga mengaku prihatin dengan banyaknya umat muslim yang berkunjung ke Candi Borobudur. Menurutnya, masih banyak tempat bersejarah Islam yang wajib dikunjungi ketimbang Candi Borobudur. 

"Harus diyakini itu (Candi Borobudur) tempat yang tidak baik dan ini bukan merendahkan siapapun. Karena itu sama saja merendahkan Allah. Jadi berwisata yang benar itu ke tempat mulia terdapat pengajiannya," jelasnya.

"Akan tetapi berwisata ke sana seperti sudah menjadi budaya latah. Baik siswa SMP maupun SMA sering berwisata ke Candi Borobudur. Apalagi yang membawa dan mengantarkan mereka guru agamanya. Masya Allah, semoga Allah mengampuni," tambahnya. 

Buya Yahya kembali menegaskan hukum umat muslim yang berkunjung maupun berwisata ke Candi Borobudur tanpa tujuan yang jelas yakni hukumnya haram. 

"Kita tau semua kalau Borobudur itu dibangun untuk menyembah selain Allah. Dan dosa menyembah selain Allah itu lebih gede daripada dosanya orang berzina, orang judi dan mabuk. Sebab telah menyekutukan Allah," ungkapnya. 

Meski demikian, Buya Yahya mengatakan masih mentoleransi umat muslim yang berkunjung ke Candi Borobudur dengan tujuan yang baik dan jelas. 

"Misal anda hendak melakukan survei mengenai sejarah masuknya Islam. Kemudian anda harus mengulik sejarah Hindu-Budha terlebih dahulu. Sehingga mengharuskan anda berkunjung ke tempat Candi Borobudur maupun Candi Prambanan untuk memperoleh informasi itu tidak apa-apa," pungkasnya.

s; suara.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Tiket Masuk Borobudur Naik Drastis Jadi Rp 750, Fatwa Haram Dari Buya Yahya Dan Ustad Sofyan Kembali Viral
Tiket Masuk Borobudur Naik Drastis Jadi Rp 750, Fatwa Haram Dari Buya Yahya Dan Ustad Sofyan Kembali Viral
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgniRIgxQ69qOsjlmDqO6n7PAKNXcHLxAR0BeicgBcgAkf87ZWPTMp4O0e-8SRFh-RjsQeH80phaqL40HU7lY0QY5DxreTzh7KSHw4At-FCFzoz6WT4lDeo2AkXCPhAOlCQH8WcLn2avWZytY9jri3Xcc2H5gyJDxZjR8J0O_f2xvMSN7NL9lIlkryUYg/w640-h358/51100-kegiatan-penyemprotan-minyak-astiri-untuk-mencegah-jamur-pada-batuan-candi-borobudur.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgniRIgxQ69qOsjlmDqO6n7PAKNXcHLxAR0BeicgBcgAkf87ZWPTMp4O0e-8SRFh-RjsQeH80phaqL40HU7lY0QY5DxreTzh7KSHw4At-FCFzoz6WT4lDeo2AkXCPhAOlCQH8WcLn2avWZytY9jri3Xcc2H5gyJDxZjR8J0O_f2xvMSN7NL9lIlkryUYg/s72-w640-c-h358/51100-kegiatan-penyemprotan-minyak-astiri-untuk-mencegah-jamur-pada-batuan-candi-borobudur.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/tiket-masuk-borobudur-naik-drastis-jadi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/06/tiket-masuk-borobudur-naik-drastis-jadi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy